Cara Mengatasi Komputer Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lambat - Hallo sahabat Curhat Computer Cinta, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Komputer Lambat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tingkat Lanjut, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengatasi Komputer Lambat
link : Cara Mengatasi Komputer Lambat

Baca juga


Cara Mengatasi Komputer Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lambat – Sobat komputer yang budiman dimanapun anda berada. Semoga tetap sehat dan selalu semangat dalam menjalani hari- harinya. Jumpa lagi dengan BelajarKomputer Autodidak. 

Kali ini kita akan belajar bagaimana caranya mengatasi komputer yang sedikit lelet. Tentu ini hanya cara sederhana saja, sedikit berbagi pengalaman penulis dalam menggunakan komputer.

Komputer Lelet Merupakan Permasalahan Yang Umum


Sobat komputer yang baik hati. Komputer lelet merupakan permasalahan yang sangat wajar dan umum yang mau tidak mau harus dihadapi oleh pengguna komputer. Menurut pengalaman saya, ada beberapa penyebab komputer menjadi lelet atau kinerjanya mengalami penurunan. 

Cara Mengatasi Komputer Lambat


Untuk memudahkan pembahasan, kita akan membagi permasalahan menjadi dua sebab. Sebab A dan Sebab B.  A adalah sebab dari luar atau fisik sedangkan yang B adalah sebab dari dalam.

Penyebab Komputer Lelet Dari Luar


Apa sih yang dimaksud penyebab dari luar ini yang dapat membuat komputer lelet. Sebenarnya yang penulis maksudkan adalah fisik atau sering disebut Hardware dalam istilah ilmu IT.  Sekedar pengalaman, kebetulan saya pernah mengalami hal ini, ketika menggunakan Laptop atau menggunakan PC (personalcomputer). 

Sangat mudah untuk mengenali problem ini. Dan sumber atau penyebabnya juga tidak macam- macam. Biasanya seputar RAM, Hardisk atau yang paling parah Mather Board atau MainBoard. Ciri atau tanda- tanda penyebab komputer lelet jenis ini biasanya seperti berikut :

  • Proses Booting lama dan kadang perlu direstart, normalnya untuk PC atau Laptop tidak lebih dari 2 menit
  • Seing Hank atau Berhenti Bekerja secara tiba- tiba pada saat digunakan (Baik tanpa restart ataupun restart sendiri)
  • Komputer mengalami Gagal Booting, ketika dinyalakan kipas berputar tetapi tidak mampu masuk Windows
  • Saat akan masuk Windows ada keterangan “Disk Failure” tidak dapat menemukan file windows dalam Hard Disk
  • Komputer mati total tanpa ada tanda- tanda kehidupan, dinyalakan tetap mati

Cara Mengatasi Komputer Lambat Karena Penyebab Dari Luar


Ketika komputer sobat mengalami tanda- tanda atau gejala seperti diatas jangan panik dulu. Karena semua kemungkinan dari yang paling parah sampai yang sepele tetap ada. Cara pertama yang harus dilakukan adalah analisa dahulu gejalanya, apakah berlangsung terus menerus atau hanya sesekali bahkan mungkin hanya pada saat itu saja ketika direstert sudah pulih kembali. 

Setelah dianalisis,bagi sobat yang belum begitu paham dengan seluk beluk ilmu komputer, saya sarankan sobat langsung saja membawa kmputer sobat ke tukang service apabila sudah habis masa garansinya. Langsung tanyakan dan minta suruh dicek dulu, kira- kira apa diagnosa sementara yang dapat disimpulkan dari kondisi tersebut.

Penyebab Komputer Lelet Dari Dalam


Yang dimaksud penulis penyebab komputer lelet dari dalam ialah dari Software atau perangkat lunak yang ada di dalam komputer sobat. Ada beberapa penyebab yang memicu laju kerja komputer menjadi lelet diantaranya :

  • Hard Drive sangat penuh, tanpa ruang
  • Komputer berisi softeare yang terlalu berat, membutuhkan memori dalam bekerja tetapi tidak diimbangi dengan spesiikasi yang memadai
  • Penuh dengan sampah register yang tidak dibersihkan
  • Terlalu banyak program yang berjalan pada menu Start Up
  • Komputer terinfeksi Virus.

Cara Mengatasi Komputer Lambat Karena Sebab Dari Dalam


Ciri yang dapat sobat cermati apabila komputer lelet  yang bersumber dari dalam seperti yang dijelaskan di atas adalah sebagai berikut.
  • Loding saat membuka software lama
  • Sering mengalami Not Responding
  • Akses windows Explorer lambat
  • Maximaze dan Minimaze pelan

Yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi penyebab diatas sangat banyak, tetapi ada beberapa hal sederwhana yang mudah dilakukan. Pengalaman saya dalam mengatasi hal seperti ini adalah
  • Melakukan Clean dengan software Ccleaner
  • Membuang software atau program yang jarang atau tidak dipakai
  • Mengurangi aplikasi pada menu Start Up
  • Melakukan Backe Up data secara berkala agar Hard Drive tetap dalam kapasitas wajar.

Nah setelah dilakukan hal- hal diatas, berdasarkan pengalaman saya, kalo memang penyebab komputer lelet adalah karena hal - hal diatas. Beberapa langkah tadi cukup membantu ko. Sekian dulu ya sobat untuk pelajaran kali ini, mudah- mudahan tips Cara  Megatasi Komputer Lambat dapat bermanfaat. 

Untuk detail bagaimana cara memasang program Ccleaner dan cara melakukan cleaner dengan program Ccleaner, kemudian cara mengurangi program pada menu Start Up. InsyaAlloh kita akan bahas pada postingan selanjutnya. Terima kasih dan sampai jumpa.

Baca juga trik lain untuk mengatasi komputer lambat :










Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Komputer Lambat

Sekianlah artikel Cara Mengatasi Komputer Lambat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengatasi Komputer Lambat dengan alamat link https://cucocin.blogspot.com/2015/10/cara-mengatasi-komputer-lambat.html

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Lambat"

Posting Komentar

Youtube